Lokasi Pengajuan

Untuk proses pengajuan dan informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung berkunjung atau menghubungi Unit Penyalur Program Kemitraan yang berlokasi pada peta diatas


Pinjaman Program Kemitraan

Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil adalah program untuk meningkatkan kompetensi usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.
Pinjaman Program Kemitraan Mandiri adalah fasilitas pinjaman baru untuk kebutuhan modal kerja atau investasi yang diberikan kepada calon Mitra Binaan Mandiri yang feasible namun belum bankable.

Persyaratan

– Memenuhi kriteria usaha kecil.

– Belum pernah menerima pinjaman dari Bank Mandiri, Bank atau BUMN lainnya.

– Telah menjalankan usaha minimal 1 tahun dan mempunyai prospek untuk dikembangkan.

– Diutamakan kepada usaha kecil dan koperasi yang belum memiliki akses perbankan (belum bankable), mempunyai asset/omzet per tahun maksimal Rp 1 miliar.

Fitur Pinjaman

– Limit pinjaman maksimal Rp 30 juta untuk perorangan / Rp 100 juta untuk koperasi.

– Jangka waktu maksimal 3 tahun.

– Suku bunga tidak bertingkat (6%).

– Bebas provisi dan administrasi.

Syarat

– WNI.

– Memenuhi kriteria usaha kecil

– Belum pernah menerima pinjaman dari Bank Mandiri, Bank atau BUMN lain

– Telah menjalankan usaha minimal 1 tahun (perorangan) dan 2 tahun (badan usaha/ koperasi) serta mempunyai prospek untuk dikembangkan.

– Diutamakan kepada usaha kecil dan koperasi yang belum memiliki akses perbankan (belum bankable), mempunyai aset maksimal Rp 200 juta/ omzet per tahun maksimal Rp 1 miliar.

Manfaat

– Suku bunga ringan.

– Persyaratan pinjaman ringan.

– Jaminan pinjaman ringan.

– Pembinaan dalam bentuk pelatihan, pendampingan dan promosi yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan Mitra Binaan menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Pembinaan Mitra Binaan

Melalui Program Kemitraan, Bank Mandiri mendukung perkembangan dan peningkatan kompetensi usaha kecil yang merupakan roda penggerak perekonomian Bangsa. Para pengusaha kecil yang terlibat diperlakukan sejajar sebagai mitra usaha.  Karena itu mereka disebut Mitra Binaan Mandiri. Agar usaha mereka cepat berkembang, Bank Mandiri memperkenalkan Mitra Binaan dengan jasa perbankan berupa pinjaman kemitraan non komersial.

 

Selain itu, Mitra Binaan juga diberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan, pameran dan publikasi di media. Melalui pinjaman kemitraan dan pembinaan yang diberikan secara intensif, diharapkan para Mitra Binaan dapat menjadi pengusaha yang tangguh, mandiri dan beretika serta mampu mengakses fasilitas perbankan secara komersial.

Pelatihan

Kesulitan pengusaha kecil bukan hanya soal modal. Untuk mengembangkan usaha, mereka juga membutuhkan dukungan pembinaan berupa pendidikan, pelatihan dan pendampingan. Bank Mandiri telah melaksanakan pelatihan motivasi dan pembukuan sederhana dengan harapan agar Mitra Binaan dapat membuat laporan keuangan, memiliki insting bisnis dan jiwa leadership yang tinggi serta kemauan yang kuat untuk mengembangkan bisnisnya secara visioner.

Promosi

Komitmen lain Bank Mandiri dalam Program Kemitraan adalah mengembangkan pemasaran pengusaha kecil. Untuk tujuan itu para Mitra Binaan diikutkan dalam berbagai kegiatan pameran baik di dalam maupun di luar negeri.

Di samping pameran, Bank Mandiri juga mempromosikan profil usaha dan produk Mitra Binaan di media cetak berskala nasional baik koran maupun majalah. Upaya promosi ini diharapkan dapat  memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan produktivitas Mitra Binaan. Selain itu juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat umum khususnya generasi muda untuk memunculkan motivasi berwirausaha. Tujuan akhirnya adalah untuk melahirkan lebih banyak pengusaha-pengusaha baru yang gigih dan siap bersaing secara sehat dengan kompetitor di dalam maupun luar negeri.