Wirausaha Muda Mandiri
Mandiri Bersama Mandiri
Mandiri Peduli Pendidikan
Fasilitas Ramah Lingkungan
Program PKBL Lainnya

Mandiri Peduli Pendidikan

LATAR BELAKANG

Tingginya tingkat kemiskinan di Indonesia mengakibatkan rendahnya kemampuan masyarakat dalam mengecap dunia pendidikan. Selain itu dengan keterbatasan sarana fisik pendidikan, rendahnya kualitas dan kesejahteraan guru, mahalnya biaya pendidikan dan rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan di Indonesia, juga menyebabkan banyak masyarakat yang belum mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Untuk alasan ini, Bank Mandiri memilih pendidikan sebagai dasar utama untuk memajukan bangsa melalui implementasi program Mandiri Peduli Pendidikan.


TUJUAN PROGRAM 

Bank Mandiri menyadari bahwa pendidikan adalah elemen penting pembentuk bangsa. Semakin baik pendidikan tunas-tunas bangsa, maka semakin tinggi kesejahteraan yang menaungi bangsa itu. Sebagai bank yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan perekonomian nasional, Bank Mandiri berkomitmen mengawal keberhasilan pendidikan melalui program Mandiri Peduli Pendidikan (MPP) yang bertujuan untuk mendukung keberlangsungan dan keberhasilan pendidikan yang berkualitas di Indonesia serta menciptakan pimpinan masa depan yang mandiri dan siap dengan persaingan global.

MANDIRI EDUKASI   

Salah satu kegiatan utama Mandiri Peduli Pendidikan adalah Mandiri Edukasi yang secara kontinu telah dilaksanakan sejak tahun 2009. Tujuan program ini adalah dalam rangka turut serta mencerdaskan bangsa dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang leadership, kewirausahaan dan perbankan khususnya Bank Mandiri kepada generasi muda.  Program ini dilaksanakan melalui pemberian kuliah umum dengan materi kepemimpinan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi dibawakan oleh jajaran Manajemen Bank Mandiri. Sedangkan materi edukasi perbankan untuk pelajar SD,SMP dan SMA dibawakan oleh unsur pimpinan Bank Mandiri di daerah setempat.

PENGHARGAAN GURU BERPRESTASI

Kepedulian Bank Mandiri terhadap dunia pendidikan juga ditunjukkan kepada para guru  yang telah memberikan tenaga dan pikirannya untuk membimbing generasi muda. Penghargaan dan perhatian tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberian hadiah bagi para guru berprestasi. Melalui kegiatan yang secara konsisten dilaksanakan sejak tahun 2005 ini, diharapkan dapat lebih memacu kreativitas para guru sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat bagi anak didik. 

Para guru terpilih yang menerima penghargaan adalah guru di daerah terpencil, guru yang memiliki prestasi dan dedikasi serta guru Sekolah Luar Biasa yang membantu siswa yang menyandang kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial, agar mampu mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam hubungan timbal balik dengan lingkungannya. Sejak dilaksanakan pada tahun 2005 sampai dengan 2012, Penghargaan telah diberikan kepada lebih dari 2.500 Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi.

BEASISWA MANDIRI PRESTASI

Bank Mandiri menyadari masih banyaknya generasi muda yang memiliki kemampuan akademik tinggi namun tidak dapat melanjutkan pendidikan karena keterbatasan ekonomi. Berangkat dari persoalan itu, maka sejak tahun 2007 Bank Mandiri melaksanakan program Beasiswa Mandiri Prestasi. Dalam pelaksanaannya, beasiswa diberikan bekerjasama dengan Universitas dan beberapa instansi antara lain Putera Sampoerna Foundation, Gerakan Nasional Orang Tua Asuh, Pusat Studi Quran, Yayasan Karya Salemba Empat dan lainnya. 

MANDIRI SARANA PENDIDIKAN

Bank Mandiri menunjang keberlangsungan pendidikan di Indonesia melalui penyediaan sarana prasarana belajar yang memadai dalam bentuk Pembangunan/renovasi gedung sekolah dan laboratorium, penyediaan sarana pendidikan antara lain berupa komputer, printer, mebeulair dan penyediaan fasilitas perpustakaan beserta buku. 

Untitled Document