Mandiri Perkuat Jiwa Kewirausahaan Purna Pekerja Migran Indonesia

Ponorogo, 14 Maret 2018 – Bank Mandiri berkeinginan terus memupuk jiwa kewirausahaan di kalangan Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan. Terkait hal itu, perseroan memberikan edukasi kewirausahaan bertajuk “Mandiri Sahabatku Sehati” kepada sebanyak 100 Purna PMI di Semarang dan Ponorogo pada Selasa-Rabu, 13-14 Maret 2018.Program ini merupakan kelanjutan dari “Mandiri Sahabatku” yaitu program pelatihan kewirausahaan yang diberikan Bank Mandiri kepada PMI di Hong Kong, Malaysia, Korea Selatan, Jepang dan lainnya. Sejak pertama kali di tahun 2011, “Mandiri Sahabatku” telah memiliki lebih dari 12.000 peserta.

 

Senior Vice President Customer Deposit Bank Mandiri Trilaksito Singgih H mengatakan “Mandiri Sahabatku Sehati” merupakan program kewirausahaan khusus bagi PMI Purna dan alumni “Mandiri Sahabatku” yang telah pulang ke Indonesia dan mulai merintis usaha.

 

“Kami ingin membangun program kewirausahaan yang berkesinambungan dan mampu memberikan multiplier effect yang signifikan, seperti melalui pembentukan komunitas Purna PMI ini. Mereka akan mendapat kesempatan untuk mempelajari dan memperdalam bisnis usaha, baik melalui pembinaan dari tokoh pengusaha sukses maupun pembelajaran secara mandiri,” kata Singgih saat membuka program “Mandiri Sahabatku Sehati” di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (14/3).

 

Dalam program ini, dia menambahkan, peserta “Mandiri Sahabatku Sehati” dapat melakukan sharing dan diskusi antar anggota komunitasnya untuk saling memotivasi dan meningkatkan kualitas produk komunitasnya.

 

Di samping itu, tambah Singgih, kegiatan sharing dan diskusi yang dilaksanakan di RKB daerah masing-masing ini juga seiring dengan keinginan Mandiri mengoptimalisasi RKB sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM dalam rangka mendukung visi Presiden Joko Widodo menjadi Indonesia sebagai Energi Digital Asia.

 

“Di RKB, anggota komunitas juga akan dilatih mengenai digital marketing lewat e-commerce Blanja.com. Ke depannya, kegiatan program ‘Mandiri Sahabatku Sehati’ diharapkan bersifat rutin dan kontinu untuk mewujudkan mimpi PMI menjadi pengusaha sukses yang mandiri di tanah air” ungkap Singgih.

 

Singgih melanjutkan, anggota “Mandiri Sahabatku Sehati” juga berpotensi mendapatkan dukungan pembiayaan melalui KUR TKI Purna dengan bunga sebesar 7% pertahun. Karena usaha yang semakin meningkat tentunya akan memerlukan modal tambahan serta produk dan layanan perbankan penunjang usaha lainnya.

 

Sementara itu, Senior Vice President Micro Banking Bank Mandiri Wawan Setiawan mengatakan, pada tahun lalu perseroan telah menyalurkan KUR TKI sebesar lebih dari Rp10 miliar kepada lebih dari 800 nasabah PMI.

 

“Secara keseluruhan, Bank Mandiri menyalurkan KUR sebesar Rp13,3 triliun tahun lalu, termasuk Rp2 triliun KUR mikro segmen untuk lebih dari 100.000 nasabah dan Rp11 triliun KUR kecil untuk lebih dari 120.000 nasabah,” kata Wawan.

 

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

 

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Business, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

 

Hingga Desember 2017, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.631 kantor cabang dan 7 kantorcabang/perwakilan/perusahaan anak di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 17.766 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Internet Banking, Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14.000.

 

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id

 

Keterangan lebih lanjut:

Rohan Hafas
Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Telp 021-5245740 Fax 021-5268246
rohan.hafas@bankmandiri.co.id
Share: