Mandiri Bentuk Pemimpin Berjiwa Wirausaha

Jakarta, 22 Oktober 2015Bank Mandiri mendorong pembentukan pemimpin berjiwa wirausaha melalui program Mandiri Edukasi. Pada program yang digelar di sembilan perguruan tinggi itu, jajaran direksi Bank Mandiri memberikan kuliah umum tentang kepemimpinan dan kewirausahaan kepada mahasiswa.

Mandiri Edukasi merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun Bank Mandiri ke-17. Pada program ini, Bank Mandiri juga memberikan bantuan pendidikan bagi lembaga-lembaga pendidikan tersebut senilai total Rp 1,1 miliar.

Adapun kesembilan lembaga tersebut, yakni Univ. Sumatera Utara, Univ. Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Univ. Padjajaran, Institute Teknologi Bandung, Univ. Diponegoro, Univ Gajah Mada, Univ. Negeri Sebelas Maret, Univ. Airlangga, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember dan Univ. Brawijaya.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin mengatakan, aktivitas mengajar ini bertujuan membentuk karakter pemimpin yang kuat dan berjiwa kewirausahaan.

“Kami melihat keberadaan pemimpin yang berkarakter dan berjiwa kewirausahaan ini akan menjadi faktor yang cukup mempengaruhi keberhasilan pembangunan nasional. Karena Indonesia sebenarnya memiliki modal sumber daya yang sangat besar. Yang dibutuhkan tinggal individu-individu yang bisa mengelola sumber daya tersebut untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Budi saat berbicara di hadapan sekitar 500 mahasiswa Institut Pertanian Bogor di Bogor, Kamis (22/10).

Menurut Budi, pemimpin berjiwa kewirausahaan perlu memiliki kemampuan dasar dan dukungan dari para pemangku kepentingan, baik dalam pengelolaan usaha maupun pengembangan usaha.

Kuliah Umum bertajuk “Successful Leaders were Made, not Born”  ini juga merupakan bagian dari rangkaian program pendidikan dan pelatihan Bank Mandiri untuk merangsang kreatifitas dan membentuk karakter pemimpin generasi muda. Adapun program lainnya seperti program penghargaan Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur, Wirausaha Sosial Mandiri (WSM), WMM Goes to Pesantren, National Lecturer Series, Workshop WMM, Financial Literacy serta Inkubator Bisnis Mandiri (IBM).

“Melalui berbagai program tersebut, kami ingin membantu menciptakan generasi muda Indonesia yang tangguh untuk membangun perekonomian Indonesia di masa datang,” ujar Budi.

Share: