Kembangkan Wirausaha, Mandiri Dirikan Inkubator Bisnis

Jakarta, 3 Oktober 2014 – Bank Mandiri mendirikan inkubator bisnis untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia. Mandiri Inkubator Bisnis ini nantinya akan menciptakan ekosistem pendukung yang dibutuhkan wirausahaan muda untuk memperkuat bisnis.

Peresmian inkubator bisnis dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Jumat (/10). Pada tahap pertama, inkubator bisnis diikuti 14 peserta yang merupakan finalis program Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur (MYT) dan Mandiri Bersama Mandiri (MBM) periode 2012 dan 2013.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin mengatakan, menciptakan pewirausaha tangguh memerlukan dukungan iklim yang kondusif termasuk pendampingan dan coaching yang sesuai dengan tipe usaha dan karakterisktik wirausahawan serta menghubungkan dengan skema pembiayaan venture capital.

”Itulah yang mendorong kami mendirikan rumah Mandiri Inkubator Bisnis. Melalui inkubator ini, kami ingin menciptakan ekosistem yang baik untuk membina, melakukan mentoring dan memperluas networking para wirausahawan muda agar nantinya dapat menjadi pewirausaha tangguh yang mampu bersaing di tataran regional dan internasional,” kata Budi G. Sadikin.

Dalam program inkubator bisnis yang berlangsung selama enam bulan tersebut, wirausahawan muda yang menjadi peserta akan mendapat edukasi tentang branding, standard operasional, perpajakan, hak atas kekayaan intelektual, pemasaran, bisnis model dan lainnya. selain itu, akan ada juga evaluasi dan mentoring mengenai konsep bisnis, pengembangan bisnis, operasional dan manajemen.

Mentoring terhadap para peserta akan dilakukan oleh pengusaha senior yang memiliki kapasitas dan kredibilitas yang baik. Hal ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan bimbingan kepada para wirausahawan muda untuk menjalankan dan mengembangkan usaha dengan baik.

Selain menjadi tempat pelatihan, Rumah Mandiri Inkubator Bisnis juga menjadi tempat berkumpul alumni-alumni Wirausaha Muda Mandiri untuk mengembangkan jejaring bisnis.

Lebih lanjut Budi mengatakan, “Kegiatan di atas bertujuan untuk menaikan sales bisnis para peserta. Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan sejak awal program diketahui ada beberapa peserta yang telah mencapai kenaikan sales sampai dengan 300%.”

Untuk menjadi peserta program Mandiri Inkubator Bisnis wirausahawan muda dapat mendaftar pada bulan Desember 2014 melalui web Bank Mandiri.

Inkubator Bisnis ini merupakan salah satu dari upaya Bank Mandiri untuk menciptakan wirausahawan muda. Bank Mandiri juga telah menggelar ajang Wirausaha Muda Mandiri sejak 2007. Program ini diyakini mampu mengubah cara pandang mahasiswa tentang wirausaha, menjadikan sektor UMKM sebagi sektor idaman untuk berkarya serta dapat meningkatkan kualitas dan jumlah pengusaha kecil.

Saat program ini pertama digulirkan pada 2007, jumlah peserta yang ikut serta tercatat 488 orang dari 18 perguruan tinggi. Pada 2013, jumlahnya melonjak hingga mencapai 6.745 peserta dari 516 perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia.

”Kami optimis langkah kami ini akan semakin menginspirasi generasi muda untuk menjadi pencipta lapangan kerja sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujar Budi.

Share: