CSR Terkini
Informasi tentang kegiatan CSR-PKBL Bank Mandiri.
Wirausaha Muda Mandiri Peroleh Pengakuan Internasional

Sabtu, 29 Juni 2013

Ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) semakin menunjukkan gaungnya di kawasan Asia Pasifik. Pasalnya, melalui kegiatan itu Bank Mandiri mendapat Investment in People Award untuk ke empat kalinya sejak tahun 2010 dari Enterprise Asia dalam perhelatan Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) 2012. 

Program AREA yang digelar oleh Enterprise Asia merupakan ajang pemberian penghargaan kepada korporasi-korporasi atas program kepedulian sosialnya yang menunjukkan jiwa kepemimpinan perusahaan, ketulisan dan komitmen berkelanjutan dalam memasukkan nilai etika dan bertanggungjawab.

Pada 2013, AREA diikuti lebih dari 100 perusahaan besar di kawasan Asia Tenggara dan menurut Entreprise Asia, Wirausaha Muda Mandiri diyakini mampu mengubah cara pandang generasi muda tentang wirausaha serta dapat menjadikan sektor UMKM sebagi sektor idaman untuk berkarya sehingga memicu peningkatan kualitas dan jumlah usaha kecil. Penghargaan Investment in People Award tersebut diserahkan President Enterprise Asia William Ng kepada Senior Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri Nixon LP Napitupulu di Singapura, Sabtu (29/6).

"Kami bersyukur ajang WMM yang telah kami selenggarakan sejak 2007 ini mendapat pengakuan internasional dan semakin mendorong kami untuk terus meningkatkan angka kewirausahaan. Karena kami yakin, hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan bagi lingkungan sekitar dan kondisi ini pun dapat mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Sebab, wirausaha dapat membuka lapangan kerja baru dan akan membantu menurunkan angka pengangguran,” kata Nixon.

Bank Mandiri, lanjut Nixon, terus berusaha mengubah pola pikir generasi muda, khususnya para mahasiswa untuk mulai berwirausaha dan mengurangi ketergantungan pada lapangan pekerjaan yang tersedia. 

Wirausaha Muda Mandiri saat ini menjadi perhatian khusus dari mahasiswa, seperti ditunjukkan dengan jumlah peserta kompetisi Wirausaha Muda Mandiri yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2012, sebanyak 4.725 mahasiswa mengikuti kompetisi Wirausaha Muda Mandiri, jumlah tersebut melonjak naik jika dibandingkan pada awal tahun penyelenggaraan pada 2007 yaitu sebanyak 400 peserta.

Program Wirausaha Muda Mandiri merupakan bentuk kepedulian Bank Mandiri sekaligus dukungan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Pencarian bibit wirausaha muda dilakukan melalui pelaksanaan modul kewirausahaan di perguruan tinggi negeri dan swasta, pemberian beasiswa wirausaha, pelaksanaan workshop dan penganugerahan. Sedangkan pembinaan berwirausaha dilakukan melalui pendidikan berwirausaha, pendampingan berwirausaha dan promosi.

Sebagai pengembangan dari program Wirausaha Muda Mandiri, Bank Mandiri juga menggelar Mandiri Young Technopreneur untuk mendorong generasi muda mengembangkan teknologi terbaru untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sedangkan program Mandiri bersama Mandiri (MBM) digelar untuk memacu spirit kewirausahaan generasi muda dalam memecahkan permasalahan sosial (socio enterpreneurship). 

“Pengembangan program Wirausaha Muda Mandiri memang kami arahkan kepada seluruh aspek yang terkait dengan masyarakat, seperti sektor energi terbarukan yang bisa menghasilkan listrik murah bagi masyarakat. Dengan demikian, akan dihasilkan dampak sosial yang tinggi dan dikembangkan ke skala industri,” ujar Nixon. 

Menurut Nixon, untuk memenangkan persaingan di era pasar bebas, dibutuhkan proses industrialisasi modern yang dapat meningkatkan daya saing, nilai tambah dan pelestarian lingkungan. Tantangan tersebut tidak mudah dihadapi, sehingga membuat Bank Mandiri ingin terus meningkatkan peran aktif dalam menjawab berbagai tantangan itu.

Hingga Mei 2013, Bank Mandiri menyalurkan Rp12,4 miliar pembiayaan kepada para pengusaha yang merupakan alumni program Wirausaha Muda Mandiri. Jumlah itu akan semakin bertambah seiring komitmen Bank mandiri mengembangkan kewirausahaan di Indonesia.



Untitled Document

Untitled Document