Siaran Pers
Profil Sukses
Bank Mandiri Ciptakan Wirausahawan Terbaik

Kamis, 17 Januari 2013
Perhelatan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan Mandiri Young Technopreneur (MYT) 2012 melahirkan 17 pemenang wirausahawan yang siap berinovasi untuk membangun Tanah Air melalui kontribusi nyata di sektor riil.  Penghargaan  diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono yang didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo serta Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini di Jakarta Convention Center, Kamis (17/1).
 
Para pemenang tersebut merupakan hasil seleksi 91 finalis WMM dan MYT yang disaring dari 4.725 peserta Wirausaha Muda Mandiri dan 1.292 peserta Mandiri Young Technopreneur 2012 yang disaring dari 400 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Proses penyeleksian pemenang dilakukan selama 2 bulan di 9 titik pelaksanaan, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar dan Denpasar serta penjurian yang dilakukan di tingkat nasional pada 15-16 Januari 2012 di Jakarta dengan juri yang berasal dari beragam profesi, seperti jurnalis, pengusaha, akademisi serta pejabat pemerintah.

Program WMM merupakan tema utama Corporate Social Responsibility di bidang pendidikan. Program ini disusun selaras dengan tujuan Bank Mandiri melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).
 
Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengungkapkan, sebagai salah satu pilar utama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Bank Mandiri di bidang pendidikan. program Wirausaha Muda Mandiri sangat layak untuk menjadi program unggulan karena diyakini mampu mengubah cara pandang mahasiswa tentang wirausaha, menjadikan sektor UMKM sebagi sektor idaman untuk berkarya serta meningkatkan kualitas dan jumlah pengusaha kecil di Indonesia.

“Program ini tidak hanya kebanggaan bagi Bank Mandiri, tetapi juga bagi bangsa Indonesia yang memiliki generasi muda kreatif dan mampu berkontribusi pada masyarakat sekitar. Kami optimis Wirausaha Muda Mandiri maupun Mandiri Young Technopreneur, akan semakin menginspirasi generasi muda untuk menjadi pencipta lapangan kerja yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang jauh lebih baik,” ujar Zulkifli Zaini.

Program WMM dan MYT tersebut merupakan salah satu realisasi komitmen Bank Mandiri dalam mengembangkan segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai penggerak perekonomian nasional. Melalui program ini, Bank Mandiri telah mencetak lebih dari 15 ribu wirausahawan baru.
 
Selain penghargaan, Mandiri juga menggelar expo yang diikuti total 250 wirausahawan muda dan mitra binaan Mandiri pada 17-20 Januari 2013 di Assembly Hall Jakarta Convention Center. Expo yang diharapkan menjadi ajang pertemuan pemikiran seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat dan akademisi dalam merealisasikan komitmen pengembangan kewirausahaan di Indonesia ini, ditargetkan akan dihadiri 30 ribu mahasiswa dan generasi muda.
 
Selain itu, Bank Mandiri juga menggelar Workshop Wirausaha Muda Mandiri 2013 yang diikuti 4.000 peserta, yang terdiri dari 3.800 mahasiswa dan dosen dari 50 perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Jabodetabek dan 200 undangan. Pada workshop tersebut, para peserta dapat bertukar pikiran dengan para pembicara terkemuka seperti Bill Reichert - Managing Director Garage Technology Ventures, Gita Wirjawan - Menteri Perdagangan dan Joko Anwar – Sutradara Film.
 
Mahasiswa dan generasi muda yang berkunjung ke expo juga dapat mengikuti talkshow industri kreatif yang digelar dengan tema berbeda setiap harinya. Di hari pertama, talkshow di bidang design dengan tema Creaboration oleh Decorous, di hari kedua expo digelar talkshow tentang musik indie oleh Homogenic & SAE Institute, di hari ketiga kembali dilaksanakan talkshow tentang kreatif film bersama Joko Anwar dan animasi oleh Hellofest, dan hari keempat ditutup oleh talkshow IT & gaming oleh Google, Kaskus dan Agate Game Studio. Tidak ketinggalan music performance dari DJ Riri, Drew dan White Shoes & The Couples Company yang akan menghibur para pengunjung expo.

PEMENANG WIRAUSAHA MUDA MANDIRI 2012

A. Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Nama Pemenang dan Usaha Asal Universitas
Industri Khafidz Nasrullah / Kendal Agro Atsiri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 
Perdagangan dan Jasa M. Mulyakhan / Genius Private Universitas Syiahkuala
Boga Abdul Anzisy / Bakso Granat Mas Aziz Bina Sriwijaya
Kreatif Tyas Ajeng Nastiti / Klasik Footwear  Institut Teknologi Sepuluh November
Terinovatif Nidia Noviana / Jtoku Indonesia Universitas Gadjah Mada

B. Kategori Alumni

Bidang Usaha Nama Pemenang dan Usaha Asal Universitas
Industri Mery Yani / Sumber Telur Kilau Universitas Tarumanegara
Perdagangan dan Jasa Andri Firmansyah / PT Cahaya Global Vision Universitas Airlangga
Boga Fery Eka Laksmana Hasan / Bebek Udig Universitas Katolik Parahyangan
Kreatif Andika Kairuliawan / Balu Oto Work Universitas Teknologi Yogyakarta
Terinovatif Harland Firman Agus / Newbee Corporation Universitas Teknologi Telkom

PEMENANG MANDIRI YOUNG TECHNOPRENEUR 2012

Kategori Nama Pemenang dan Usaha
Teknologi Energi Juara i :
PLT Vorteks Induksi Fluida

Juara II :
PLTMH Desa Terpencil
Pengelolaan Air Bersih Juara I :
Biosorp Tech

Juara II :
Conservation
Teknologi Informasi dan Komunikasi Juara i :
-

Juara II :
Lexipal
Pangan dan Pertanian Juara I :
E-Fishery

Juara II :
Kedelai Swasembada



Untitled Document

Untitled Document

Arsip Siaran Pers

2014 Januari
Maret
2013 Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
Oktober
Desember
2012 Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
2011 Januari
Juni
Juli
Agustus
Oktober
November
Desember
2010 Januari
Februari
Maret
April
Juni
Juli
Agustus
September
November
2009 Agustus
September
Oktober
Desember